Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMKN 1 Rawajitu Selatan Bertema Tentang Kearifan Lokal dan Gaya Hidup Berkelanjutan Dengan Judul “Teater of Dream”

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. Proyek ini dilakukan untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila. Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, P5 ini adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi. Juga sebagai upaya mewujudkan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Penerapan P5 ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Artinya, para pelajar diajak untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dengan kata lain, pelajar diberi kesempatan untuk ‘mengalami pengetahuan’. Sebagaimana ditegaskan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa anak-anak mesti didekatkan hidupnya kepada kehidupan rakyat agar mereka tidak hanya memiliki pengetahuan saja, tapi bisa mengalaminya sendiri.

Dalam kegiatan proyek ini, peserta didik berkesempatan mempelajari tema-tema atau isu penting sekitar. Beberapa contohnya seperti isu perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi. Hal tersebut diimplementasikan agar peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Sederhananya, P5 dijadikan sebagai sarana belajar yang mendorong peserta didik berperilaku kompeten, berkarakter, dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Adapun profil pelajar pancasila yang hendak diwujudkan yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif. Dimensi-dimensi itu menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif saja. Tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan warga dunia.

Pada kesempatan ini SMK Negeri 1 Rawajitu Selatan mengangkat tema tentang Kearifan Lokal dan Gaya Hidup Berkelanjutan dengan judul “Teater of Dream” yang diperankan oleh setiap siswa kelas X seluruh kompetensi keahlian. Teater ini mengangkat cerita tentang kisah-kisah dari berbagai daerah dan tentang peristiwa-peristiwa kebangsaan yang ada di Indonesia. Kisah dan peristiwa itu antara lain : Ayah Ku Pulang, Malin Kundang, Keong Mas, Cinde Laras, Lutung Kasarung, Cinderela Di Poligami, Jaka Tarub, Tragedy Hotel Yamato, Menggapai Mentari, Perobekan Bendera Di Hotel Yamato, Penangkapan Jendral Panjaitan, dan Roro Mendut.

Setiap cerita dan peran yang dimainkan memiliki nilai bersejarah dan menumbuhkan nilai positif bagi peserta P5 ini sehingga setiap peserta dapat mengambil hikmah dari setiap peran di dalam kegiatan Teater of Dream tersebut.

Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *